Rabu, 18 Februari 2015

KELANGKAAN

Barang dan jasa dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia, namun kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia itu terbatas sehingga menyebabkan kelangkaan. Sehingga manusia mengkombinasikan berbagai sumber untuk menghasilkan barang dan jasa alternatif.

1. Pengertian Kelangkaan

Kelangkaan atau dalam bahasa inggrisnya scarcity adalah kondisi dimana manusia memiliki sumber daya ekonomi yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Terdapat dua hal sumber daya ekonomi yaitu sumber daya ekonomi yang bersifat terbatas dan sumber daya ekonomi yang tidak terbatas (bisa diperbaharui).


Kelangkaan semakin terasa ketika kita ingin memanfaatkan sumber daya seperti sumber daya alam, modal, sumber daya manusia (tenaga kerja) dan kemampuan untuk berwirausaha. Sumber daya alam digunakan dalam proses industri pembuatan barang dan jasa pemenuh kebutuhan. Contohnya tanah, tanah atau lahan merupakan sumber daya yang langka karena jumlahnya dari masa ke masa tetap, tidak bertambah. Sedangkan dari masa ke masa permintaan akan tanah terus bertambah. Maka manusia mengatasi masalah tersebut dengan membangun gedung bertingkat dan ruang bawah tanah walaupun cara tersebut berakibat penurunnya permukaan tanah dan berkurangnya sumber air tanah.

Kelangkaan tanah sering terjadi di daerah perkotaan seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang bermukin di perkotaan. Banyak tanah kosong yang telah diubah menjadi lokasi industri, pusat perbelanjaan dan perumahaan. Akibat hal tersebut maka ruang terbuka hijau, dan tempat untuk anak-anak bermain menjadi berkurang sehingga membuat anak-anak bermain di jalan raya.

Kelangkaan sumber daya berpengaruh terhadap persediaan lokal dan global, Misalnya pabrik kertas di Indonesia membutuhkan bahan bakar minyak untuk bahan bakar mesin pembuat kertasnya agar produksi kertas bisa terus berjalan, karena ketersediaan bahan bakar minyak di Indonesia semakin menipis maka pabrik kertas itu harus membeli minyak dari negara lain seperti United Arab Emirate.

Kelangkaan juga terjadi dalam persediaan modal. Contohnya indonesia, negara kita masih mengalami berbagai kendala dalam persediaan modal. Modal yang diperlukan bukan hanya berupa uang, tetapi juga mesin-mesin, bahan baku, teknologi, dan gedung. Untuk mendapatkan modal yang diperlukan maka Indonesia harus meminjam pada negara lain atau lembaga internasional dan wajib membayar cicilan dan bunga pinjaman yang membuat hutang negara kita semakin menumpuk dan mempersulit laju perekonomian negara.

Kelangkaan juga terjadi dalam persediaan tenaga kerja. Dalam pembangunan dan pengelolaan industri, sering terjadi kekurangan tenaga ahli sehingga biayanyapun menjadi mahal. Contohnya ada pada negara maju yang kekurangan tenaga kerja di lahan terbuka seperti kontruksi, pertanian dan pertambangan karena para pemudanya lebih tertarik untuk bekerja di industri dan perkantoran.


Indonesia masih membutuhkan lebih banyak lagi tenaga kreatif, terampil dan inovatif untuk mengelola produksi sehingga menghasilkan produk dalam negeri yang dapat bersaing dengan produk dari luar negeri.

2. Penyebab Kelangkaan

Pengertian Kelangkaan, Penyebab Kelangkaan Dan Cara Mengatasi Kelangkaan
image by : rainharvest.co.za


Beberapa penyebab kelangkaan antara lain adalah sebagai berikut :

a. Kerusakan sumber daya alam akibat ulah manusia
Banyak sumber daya alam yang dirusak oleh manusia padahal manusia sebagai pengguna sumber daya alam harus bertanggung jawab melestarikan sumber daya alam. Contohnya adalah penebangan hutan secara liar sehingga hutan menjadi gundul dan penangkapan ikan menggunakan pukat harimau atau bom sehingga merusak ekosistem laut.

b. Keterbatasan benda pemenuh kebutuhan di alam
Ketersediaan sumber daya alam sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia sebagai pemuas kebutuhan. Namun banyak sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan tidak bisa diperbaharui seperti minyak bumi dan mineral tambang.

c. Peningkatan kebutuhan lebih cepat dibanding dengan peningkatan persediaan alat pemuas kebutuhan
Seiring berjalannya waktu populasi manusia semakin meningkat, dengan begitu maka kebutuhan juga semakin meningkat dan beragam selain itu alat-alat pemenuh kebutuhan manusia masih belum memadai sehingga terjadi kelangkaan.
d. Keterbatasan manusia dalam mengelolah sumber daya yang ada
Keterbatasan manusia dalam penguasaan teknologi dan kekurangan modal sehingga sumber daya alam tidak bisa dimanfaatkan seefisien dan seefektif mungkin.



3. Cara Mengatasi Kelangkaan

1. Menghemat penggunaan sumber daya alam dengan cara mematikan lampu dan tv ketika sedang tidak dipakai atau ketika akan tidur.

2. Memelihara dan melestarikan sumber daya alam dengan cara melakukan tebang pilih dan melakukan penanaman kembali.

3. Menciptakan alat pemuas kebutuhan alternatif seperti membuat pembangkit listrik tenaga angin

Ya itulah artikel saya tentang Pengertian Kelangkaan Dan Penyebab Kelangkaan semoga dengan dibuatnya artikel ini kita semua bisa menjadi lebih bijak lagi dalam penggunaan sumber daya alam yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar